How to JOIN in tv masa kini (fienyun's version) part 2

berhubung postingan sebelumnya masih banyak banget pertanyaan yg blm terjawab,
dan banyak pula yg nanya gimana cara nya gue bisa join di tv masa kini
jadi gue post aja ya ceritanya disini..

gue nunda setahun buat ngumpulin biaya kuliah,
lulus SMK alhamdulilah ada sepupu yg nawarin kerjaan.
kerjaan gue saat itu administrasi di kantor rumahan,
jadi gue kerja di rumah yg sebagian dibikin kantor dengan karyawan yg bisa di itung jari
dari situlah gue NIAT BANGET pengen jadi karyawan di gedung tinggi, pake seragam, 
ke kantor nya naik lift, karyawan kantor itu banyak hhaaa (norak banget kan)

singkat cerita dana gue cuma cukup buat kuliah di kampus sejuta umat
yg jargon nya KULIAH? disini AJA
drama kuliah sambil kerja alhamdulillah gue lewatin 
gue tau klo gue ga ngebagusin diri sendiri, manager di kantor impian gue ga akan ngeliat gue.
iyalah, kuliah di kampus (hmmm, boleh isi sendiri), prestasi yaa paling lomba puisi pas TK,
skill? ya juga ga mumpuni banget di 1 bidang tertentu #:-S
jadi gue berpendapat ga ada yg bisa dibanggakan dari gue
klo gue ga berusaha buat bikin bangga diri sendiri

karena gue berprinsip ga akan ninggalin kantor lama, sebelum dapet kantor baru
jadi sambil kerja di kantor rumahan ini gue nyambi nyari kerjaan baru :)>-
smua cara gue coba mulai dari jobstreet, dan sejenisnya, smpe ke jobfair hhaaaa

beberapa panggilan dari stasiun tv gue datengin, ada dari tvsatu, dll
tapi karena berbagai hal gue milih ambil di PH dulu sambil ngincer 1 kantor impian
yaitu, tv msa kini

tepatnya di 2014 gue mencoba semua pintu buat join di tv masa kini
mulai dari email , website, langsung kasihin lamaran ke kantor langsung smpe 2x,
nitip temen yg udh jadi karyawan tv masa kini, setelah 7x mencoba ga ada yg berhasil

awal november 2014 ada MDP3 tv masa kini
gue semangat registrasi via online
mereka yg lolos nerima email balasan untuk psikotest
gue bukan termasuk yg nerima email balasan
karena mdp3 ada walk interview nya , gue datengin walk interview mdp3 di Balai Kartini
inilah 8x nya gue nyoba gabung di tv masa kini

4 November 2014
gue smpe di Balai Kartini jam 8 pagi, ikut antrian yg udah bejubel 
dan dapet nomor seribu seratus sekian ....
total saingan gue ada 4rb lebih
dan gue sebenernya ga berharap ada ditengah tengah kerumunan orang itu 

mereka keren-keren banget, make up full, yg pake hijab kliatan kaya hijabers
pake high heels, trus dari lulusan kampus ternama juga
malahan ada yg s2 lulusan luar negri 
duh apa gue yg cuma pake jeans, kemeja, and flat shoes of course (style ke kampus)
apalagi make up, boro boro deh hhaaa
make up tercanggih gue cuma lip-ice :P
ditambah lagi gue minder karena gue cuma d3 dari kampus (yg katanya) murahan.

dateng jam 8 pagi, gue baru bisa masuk ke ruang psikotest jam 11siang
di 1 aula dikumpulin sama ratusan orang lain yg ga gue kenal
saat itu psikotest gue ada 3,

yg pertama test pauli




















test yg perintahnya gampang banget,
jumlahin angka yg hasilnya ditulis disamping kedua angka itu
kertasnya segede kertas koran yg isinya angka smua,
gue pernah baca di buku psikotest klo nanti bukan penjumlahan nya yg di cek bener atau ngga,
tapi statistik kita ngerjain nya stabil atau engga
gue ga isi full 1 kertas koran itu bolak balik
gue cuma isi setengah nya , sebelah gue ngisi full bolak balik smpe minta kertas baru
namun gue ga melihat dia di hari tanda tangan kontrak

test kedua ada psikotest (yg gue ga yakin namanya apa)












klo yg ini gue juga berdoa aja ngerjain nya hhaaaa

yg ketiga test pengetahuan umum tetang current issue, acara net, dan news update.
kira-kira gue kelar dari ruangan psikotest itu jam setengah 4 atau jam 4
karena saat soal terakhir gue udh denger azan ashar

yg lolos psikotest akan di umumin list nya di web net jam 12 malam
dan anehnya gue udh ga deg-degan ,
gue yakin aja pasti gue lolos 
karena prinsip keren yg gue baca dari Raditya Dika
(kurang lebih begini quotenya, cmiiw)
"Lo jadi manusia karena lo menang, mengalahkan jutaan sperma lain.
saat bersaing jutaan aja lo menang, apalagi sama ribuan orang,
yakin aja lo pasti bisa menang"

thanks bang dika, karena quote itu yg selalu terngiang di telinga gue 
dan keyakinan gue emang ga salah,
nama gue ada di list yg di post website net 
list yg lolos psikotest untuk interiew di tanggal 5 november 2014

5 November 2014
gue smpe balai kartini jam 7.30
karena instruksinya siapa yg dateng duluan akan di interview duluan
setelah gue registrasi ulang, dan mengisi daftar hadir gue nunggu dengan duduk manis
8 jam kemudian gue belum dipanggil interview juga
berbagai posisi duduk udh gue coba, smpe cewe cewe pada foto bareng sama Deva Mahenra di depan gue duduk gue ga tau karena gue ketiduran hhahaaa
akhirnya jam 17.25 gue di interview (kira kira begini percakapannya)

- boleh ceritain tentang diri kamu?
- saya kuliah sambil kerja pak, tapi skrg saya kerja di ph
- panggil mas aja, wah bagus kamu kuliah smbil kerja, nanti di sini jam kerja nya ga nentu lho,
kamu gpp?
- wah gpp banget mas, saya skrg di PH aja jam kerja nya juga sama, 
pas kuliah apalagi mas, saya produksi film buat tugas smpe subuh, trus paginya harus ke kantor
- saya liat cv kamu, SMK nya multimedia, kuliah broadcast, skrg kerja di PH, kamu beneran niat ya sama dunia broadcast?
- sebenernya bukan niat mas, tapi lebih ke kayanya saya nyaman deh ngerjain ini 
- (trus ngebisikin orang disebelahnya) ini anak udh tau banget lho dunia broadcast
- menurut kamu kekurangan sama kelebihan diri kamu itu apa?
- kekurangan saya itu klo saya kerja menurut saya ga bagus saya ga bisa mas, harus bagus menurut saya baru saya udh bisa bilang selesai, klo kelebihan saya belum ahli menilai diri sendiri hhee
- makasih ya udh mau coba di tv masa kini 
(trus dia sibuk dikasi map yg bakal di interview)
- sama sama pak, saya boleh permisi
- silahkan

10 jam gue nunggu smpe ketiduran , dan di interview ga smpe 10 menit
yaaah namanya juga hidup yaa (:|

sebulan kemudian di bulan desember
pengumuman yg diterima dan akan tanda tangan kontrak pun di post
selama sebulan itu bulak balik gue ngecek website net 
udah ada apa blum itu pengumuman :))

akhirnya nama gue ada di salah 1 dari kurang lebih 200 org yg lolos
alhamdulillah

2 minggu dari pengumuman di website,
smua nama itu diharapkan  hadir untuk tanda tangan kontrak dan info tentang wajib militer
ceritanya ada disini dan part 2 nya di link yg ini

oia klo mau liat cv yg gue kasih ke tv masa kini
kira kira bentuknya kaya yg ada di post yg ini


sekian dulu cerita gue yg (agak) kepanjangan ini manteman
pertanyaan lain yg belum kejawab, akan gue post lain hari 
thanks for reading 8-}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hippo Time :))

Istilah ini di ambil dari kebiasaan kuda nil yg merendam diri dalam air. Sesekali ia memasukkan seluruh tubuhnya ke dalam air. Setelah cukup lama , ia muncul lagi ke permukaan.

Kita pun butuh untuk memasukkan diri ke dalam air yang tenang, merenungkan masalah kita sebelum akhirnya kembali ke dunia nyata.

Ketika kita merenung, memikirkan diri atau menenangkan diri dari suatu kejadian yang tidak menyenagkan yang baru di alami.

Hippo Time bisa sangat bermanfaat , asal jangan terlalu lama.
Putuskan berapa lama "hippo time" akan betlangsung dalam hidup anda. Ingat, jangan lama-lama.
Setelah itu, katakan dengan tegas "Saya menerima kenyataan ini, dan sekarang saya memutuskan harus melanjutkan kehidupan saya."

Inilah masa-masa ketika anda belajar menerima sekaligus berdamai dengan pengalaman pahit anda.

Mereka yang hebat adalah mereka yang bisa bangkit setelah menghadapi masalah.





_di kutip dari majalah Intisari_